06/07/17

Katalog Dijital PTSF



Sudah beberapa waktu semenjak kami vakum.

Memang, kami tak pernah secara ofisial menyatakan ingin atau sedang vakum, akan tetapi, selain beberapa konsolidasi internal yang terjadi beberapa kali pada awal tahun ini, PTSF tidak memiliki aktivitas yang berarti. Mentok naskah? Limbo produksi? Hal-hal ini bisa jadi alasan yang akan anda sering dengar ketika bertanya mengapa kami tidak kunjung aktif.

Situasi ini bukan yang pertama kali. Dalam beberapa fase kerja yang telah terjadi tahun-tahun yang lalu, kami juga mengalami hal yang sama. Tersangkut di satu ide, dan tak bisa melepaskannya hingga berbulan-bulan. Dan kami selalu menciptakan treatment-treatment yang lebih kecil, lebih sederhana, sekedar untuk memecah ritme. Maka, pada 2012 lahirlah serial Dying Ducks yang dicetuskan oleh Danang Arif.

Kali inipun begitu. Kami berupaya memecah ombak dengan kerikil-kerikil kecil, yang kami kumpulkan sepanjang perjalanan kami kemari. Kumpulan inilah yang kemudian kami sebut sebagai Katalog Dijital PTSF. Tujuannya agar hal-hal kecil yang selama ini tercecer dari proses kreatif PTSF mendapat tempat yang layak untuk terdokumentasikan. Dan juga, kerikil ini tidak harus melulu berasal dari masa lalu. Bisa jadi dia berasal dari masa sekarang, dan juga masa depan. Karena sifatnya rekoleksi, maka bisa jadi ada yang bisa anda nikmati, ada yang bisa tidak anda nikmati. Yang penting kali ini, adalah bahwa kami pelan-pelan mengumpulkan kembali kesadaran alam bawah kami.


Di sisi lain, kehadiran Katalog Dijital ini juga untuk berkompromi dengan perubahan lanskap komitarian yang selalu terjadi di PTSF, tapi belum pernah terjadi sedramatis ini hingga saat ini. Kami mencoba terus berjalan dalam semua medan. Walaupun mungkin hari ini baru kaki kiri yang bergerak, harapannya dengan seterusnya Katalog Dijital berkembang, maka kaki kanan, tangan kiri, tangan kanan, seluruh organ tubuh kami bisa bergerak simultan untuk berlari kencang kembali.

Selamat menikmati, dan selamat mengikuti.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar