22/10/12

GUMUK PASIR


gumuk pasir | agi ekasaputro & maulvi dm | oktober 2012 | 3m0d


sinopsis

Ini bukan petualangan. Ini bukan perjalanan. Ini bukan penjelajahan. Ini adalah semata sebuah usaha melarikan diri. Melarikan diri dari semua hal yang akan membuatmu mati perlahan.


kru

presenter : Agi Ekasaputro
videografer : Maulvi DM

_________________________________________________________________________________


catatan produksi

"Gumuk Pasir" adalah sebuah kolaborasi tiba-tiba. Sebuah projek menit terakhir.

Pada awalnya, adalah email dari seorang teman yang menawarkan sebuah kompetisi video travel, yang intinya tentang perjalanan dan backpacking. Dari sini muncul kemudian beberapa ide, tetapi ide yang paling menonjol ada dua, yaitu Sendangsono dan Gumuk Pasir. Akan tetapi fokus terhadap pengembangan projek ini menjadi terbengkalai karena pada saat yang bersamaan tim utama projek ini, Danistya dan Agi, disibukkan dengan produksi Penghabisan. Baru sekitar seminggu setelah Penghabisan selesai, projek ini kembali dilanjutkan, dengan adanya kabar tiba-tiba bahwa Danis undur dari projek ini. Akhirnya, ditariklah Maulvi untuk mengganti Danis, dan dipilihlah lokasi fixnya yaitu Gumuk Pasir di Parangtritis, Bantul. Dan untuk pengerjaan ini, semuanya dimulai dari nol.

Yang lebih edan lagi, waktu yang dimiliki tim Gumuk Pasir hanya satu minggu sebelum deadline kompetisi. Maka disusunlah jadwal edan. Senin survei lokasi, Selasa membuat konsep video dan mencari referensi lokasi, Rabu pengambilan gambar, Kamis sampai Sabtu kosong, dan Minggu diisi dengan pembuatan naskah, merekam voice over, merekam lagu tema, editing, dan uploading.

Ya, demikian edannya produksi ini, dan syukurlah akhirnya bisa diselesaikan dengan beberapa perubahan di menit-menit terakhir. Akan tetapi secara mengejutkan, video ini cukup memuaskan, setidaknya dari segi produksi. Hal ini tentunya tidak lepas dari kenyataan bahwa video ini tidak lepas dari pakem dasar PTSF, yaitu berkarya sebagai pelampiasan kegalauan, dan pengisi waktu luang. Kisah hidup Agi tentu saja jadi motor utama yang menggerakkan produksi video ini dan motivasi untuk menjadikan ini sebagai bagian dari prokrastinasi yang bermanfaat-lah yang mendorong keterlibatan aktif dari Maulvi dalam proyek ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar